Rabu, 05 Maret 2014

Pulau Sempu

                 Pulau Sempu adalah pulau kecil yang terletak di sebelah Selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur atau sebelah selatan Kabupaten Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Saat ini, Pulau Sempu merupakan kawasan Cagar Alam yang dilindungi oleh pemerintah.
                 Pulau sempu merupakan pulau yang tidak berpendunduk dan di dalamnya hanya terdiri atas hutan berbukit yang sebagian besar adalah hutan mangrove. Pulau Sempu memiliki satu danau atau telaga, yaitu Segara Anakan yang merupakan danau pasang surut air laut. Danau atau telaga ini memiliki kedalaman kurang lebih 5 meter, danau ini aman untuk kegiatan snorkling atau hanya sekedar berenang saja, karena danau ini sudah terlepas dari ombak laut Samudera Indonesia.
                 Secara geografis, Pulau Sempu terletak di antara 112° 40′ 45″ - 112° 42′ 45″ bujur timur dan 8° 27′ 24″ - 8° 24′ 54″ lintang selatan. Pulau itu memiliki luas sekitar 877 hektar, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikepung Samudera Hindia di sisi Selatan, Timur dan Barat.         

Lokasi Pulau Sempu

                
Perjalanan ke Pulau Sempu
                   Jika ingin menghemat waktu perjalanan, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, sehingga dapat berangkat pada sore hari pukul 17.00 dari Arjosari. Kemudian, memasuki kawasan Sendang Biru pada pukul 21.00, kita bisa menyeberang ke Pulau Sempu dengan membayar izin masuk bermaterai sebesar 15.000 s.d. 20.000 per orang.
                   Selain itu kita bisa menggunakan jasa angkutan umum. Angkutan umum yang bisa kita naiki adalah angkot dengan jurusan Arjosari - Gadang dari Stasiun Arjosari ( pintu masuk Kota Malang ). Dilanjutkan dengan angkot yang disebut Bison jurusan Gadang - Turen (Terminal Gadang - Pasar Turen). Angkot ini tidak ada pada sore hari, sehingga disarankan untuk tiba di Gadang pada sebelum pukul 13.00.
                   Setelah sampai di Pasar Turen, kita bisa menaiki cold menuju Sendang Biru. Setelah itu naik perahu untuk menyeberang ke Pulau Sempu. Harga perahu biasanya dihitung borongan, jadi disarankan untuk pergi secara berkelompok sehingga dapat menghemat biaya.
                   Jika anda berangkat dari Stasiun Malang Baru, anda bisa menaiki angkot jurusan Landungsari - Gadang dan perjalanan berikutnya sama seperti perjalanan dari Terminal Arjosari ke Pulau Sempu. 
                   Sesampai di Pulau Sempu, kita harus daftar ke post pengawasan perhutani dan membayar uang administrasi sebesar 2.000 per orang. Jangan lupa untuk meminta peta Pulau Sempu dan nomor HP pos pengawas atau setting frekuensi Handy Talky.
                   Apabila kita sampai di Sendang Biru pada sore hari, alangkah baiknya kita melanjutkan perjalanan pada keesokan harinya, karena tidak setiap saat ada perahu yang berlayar menuju Pulau Sempu dan kita bisa mendapatkan perahu yang bisa mengantar serta menjemput kita ke atau dari Pulau Sempu.
                    Di Pulau Sempu, kita akan mendarat dibagian Utara pulau, sedangkan Telaga Segara Anakan berada di sebelah Selatan pulau. Terdapat jalan setapak yang harus dilewati untuk menuju Talaga Segara Anakan. Perjalanan tersebut kira-kira membutuhkan waktu 4 jam dan disarankan untuk memilih jalan yang berbelok ke kiri setiap ada tikungan.

Telaga Segara Anakan, Pulau Sempu

                    Selain Telaga Segara Anakan. pulau ini juga terdapat Telaga Lele yang di dalamnya dihuni oleh ikan lele.


Telaga Lele, Pulau Sempu


Persiapan Perlengkapan dan Perbekalan ke Pulau Sempu
Perlengkapan yang perlu disiapkan yaitu :
  1. Tenda
  2. Slepping bag
  3. Kompor paraffin atau briket standar TNI
  4. Panci kecil
  5. Pisau
  6. Peluit
  7. Korek api
  8. Senter
  9. Jaket
  10. Jas hujan
  11. Pakaian
  12. Alat MCK
  13. Sepatu cads ala tracking
  14. Handy Talky
  15. Kail ikan (pancing)  
 Perbekalan yang harus disiapkan yaitu :
  1. Logistik (makanan)
  2. Garam
  3. Air bersih yang cukup ( tidak ada sumber air tawar )
  4. Krim anti nyamuk 

Pulau Sempu

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar